https://penakita.or.id/index.php/Journal/issue/feed Jurnal Pena Kita 2024-04-09T01:41:45+00:00 Open Journal Systems <p><strong> Jurnal Pena Kita</strong> is an interdisciplinary publication of original research and writing on education. <strong> Pendidikan Agama dan Keagamaan Kementerian Agama Tulungagung</strong> is published by Tulungagung Ministry of Religious Affairs .</p> <p>First published on January 1, 1973 with the name of Educational Magazine. <strong> Jurnal Pena Kita</strong> was first published with the new ISSN on December 12, 2023.</p> <p>This journal is published biannually (December and June).</p> https://penakita.or.id/index.php/Journal/article/view/16 OPTIMALISASI “GOOGLE SITES” PADA MAPEL FISIKA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI MTsN 1 TULUNGAGUNG 2024-04-03T17:57:25+00:00 Ali Maschur amaschur2324@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini berlatar belakang tentang pentingnya memberikan pembelajaran kepada peserta didik yang bervariatif namun juga menyenangkan dengan memperhatikan keberagaman karakteristik peserta didik. Fisika merupakan mata Pelajaran yang menduduki peringkat pertama untuk jenis mata Pelajaran yang tidak disukai oleh peserta didik. Melihat kondisi yang demikian dan kondisi kebutuhan serta minat masing masing peserta didikmaka pembelajaran berdeferensiasi menjadi cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.&nbsp; Google sites merupakan platform yang disediakan oleh google yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dalam rangka membelajarkan siswa dengan terdeferensiasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengoptimalkan google sites untuk pembelajaran terdeferensiasi pada maple Fisika di MTsN 1 Tulungagung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis isi berdasarkan studi pustaka. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa google sites dapat menjadi salah satu Solusi pembelajaran terdeferensiasi maple fisika di MTsN 1 Tulungagung. Pemanfaatan Google Sites tersebut ditekankan pada pemenuhan isi atau konten dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik sesuai aspek berdiferensiasi. Aspek berdiferensiasi tersebut yaitu konten, proses, lingkungan belajar, dan produk yang dapat dicustom pada konten google sites sebagai bentuk optimaliasai pembelajaran berdiferensiasi. Upaya pengoptimalan tersebut dilakukan melalui pengembangan dan pelatihan google sites di costum sesuai kebutuhan yang dijembatani oleh Workshop pembelajaran digital di MTsN 1 Tulungagung. Berdasarkan kegiatan tersebut dapat teroptimalkan pembelajaran mapel Fisika yang berdiferensiasi melalui penggunaan Google Sites di MTsN 1 Tulungagung.</span></p> 2024-04-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pena Kita https://penakita.or.id/index.php/Journal/article/view/14 DALANG PEREMPUAN TULUNGAGUNG BENTUK KESETARAAN GENDER DALAM PERSPEKTIF RELIGIUSITAS, FEMINISME DAN PROFESIONALISME 2024-04-03T17:48:57+00:00 Undirotul Wanita undirotul76@gmail.com Mochamad Hermanto mochamadhermanto11@gmail.com Syiara Edzra Aflahi berkah.hiza@gmail.com Justin Ibnu Arjanta ibnuarjanta@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Dalang merupakan aktor utama dalam pagelaran wayang. Peran dalang menjadi sangat penting, karena selain memainkan wayang dalang juga menjadi penulis sekenario, penulis skenario, narator cerita wayang, dan pemusik yang menggubah komposisi.&nbsp; Mayoritas masyarakat memandang dalang merupakan budaya patriarki. Struktur kebudayaan di Jawa khususnya, jarang menempatkan perempuan pada posisi pemimpin, seperti dalang yang memimpin pementasan wayang. Namun, ternyata di Indonesia khususnya Tulungagung terdapat dalang perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena panggung dalang perempuan di Kabupaten Tulungagung sebagai bentuk kesetaraan gender dalam perspektif religiusitas, feminisme dan profesionalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan FGD. Jumlah subyek 11 orang, terdiri 3 dalang perempuan, 2 dalang laki-laki, 2 penikmat wayang, 2 akademisi dan 2 tokoh gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam perspektif religiusitas profesi dalang diperbolehkan dalam Islam. Dalang perempuan di Tulungagung mampu menjadikan wayang sebagai media dakwah. Hal ini didukung oleh aspek keyakinan, praktek agama, pengalaman, pengetahuan dan konsekuensi. 2) Dalam perspektif feminisme, dalang Perempuan mampu menjadi representative bentuk kesetaraan. Kajian tersebut didukung atas kesetaraan hak, pemberdayaan Perempuan hingga symbol pencabutan stereotip gender. Beberapa aspek penunjang seperti keadilan reproduksi berkaitan erat dengan sikap anti kekerasan dan solidaritas yang terbangun dari dalang Perempuan. 3) Dalang perempuan di Kabupaten Tulungagung sebagai bentuk kesetaraan gender dalam perspektif profesionalisme telah ditunjang dari pengabdian dalang sebagai bagaian profesi, kewajiban sosial, kemandirian, hingga tuntutan kepercayaan atas profesi. Penelitian ini menunjukkan sisi profesionalisme dalang Perempuan di Tulungagung tetap eksis membangun dan melestarikan seni wayang.</span></p> 2024-04-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pena Kita https://penakita.or.id/index.php/Journal/article/view/17 STRATEGI MERAIH KEUNGGULAN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM TRANSFORMATIF 2024-04-03T17:58:58+00:00 Januariani Januariani.man1tulungagung@gmail.com Prim Masrokan pmutohar@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Strategy is a series of ways and actions to achieve the goals and mission of an institution. The term strategy originally came from the world of military (war), but in its development the term strategy can be used in all types of organizations including educational institutions. Education is always changing, including Islamic education. This change in the character and form of education is a sign of educational transformation. Transformative Islamic education is defined as Islamic education that accesses change with consideration of the prophetic principles of liberalization, humanization and transcendence. Changes in education that are dynamic in nature require a strategy in responding to it, so that an educational institution is able to survive in the midst of competition, even being able to become a superior institution. This study uses a qualitative approach to the type of case study. The research was conducted at Madrasah Aliyah Negeri 1 Tulungagung and the research results obtained showed that the selection of strategies was carried out by analyzing all the strengths, weaknesses, opportunities and threats that the institution has through a SWOT analysis. The results of the SWOT analysis are then used as a reference in determining strategies that are appropriate to the conditions of the madrasa. Choosing the right strategy will make an educational institution superior.</span></p> 2024-04-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pena Kita https://penakita.or.id/index.php/Journal/article/view/15 STRATEGI TRANSFORMATIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID – 19 DI MTS MAARIF NU 2 SUTOJAYAN BLITAR 2024-04-03T17:55:43+00:00 Eti Rohmawati rohmawati551@gmail.com <p><span style="font-weight: 400;">Pandemi Covid-19 merupakan tantangan signifikan bagi kepemimpinan di sekolah-sekolah di seluruh dunia. Memberdayakan guru selama pandemi dengan beberapa strategi transformatif mutlak diperlukan. Tujuannya adalah menjaga keberlangsungan pendidikan di sekolah dan memberdayakan guru untuk tetap dekat dengan 4 kompetensi guru; kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional. Penelitian ini ingin mengungkap strategi kepala sekolah untuk membangun kemampuan guru agar lebih berdampak pada sistem sekolah, serta menumbuhkan rasa percaya diri guru. Penerapan kepemimpinan transformatif ini dapat berkontribusi untuk memberdayakan guru dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran di sekolah mereka di tengah pandemi Covid-19. Metode Penelitian ini menggunakan studi lapangan dengan pendekatan </span><em><span style="font-weight: 400;">descriptive qualitative</span></em><span style="font-weight: 400;">. Penelitian di laksanakan di MTs Maarif NU 2 Sutojayan Blitar selama 2 bulan, mulai tanggal 5 Juni – 5 Agustus 2022. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisa data berupa teknis analisa data tunggal dengan mengambil metode dari Miles and Hubberman &amp; Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran yang strategis dalam mengawal keberhasilan proses pembelajaran pasca pandemi Covid-19. Tiga transformasi pembelajaran kepala sekolah di MTs Maarif NU 2 Sutojayan Blitar dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran antara lain: pemberian otonomi kepada guru, transformasi kecerdasan emosional, dan transformasi kolaborasi. Efektifitas pembelajaran yang dijalankan dengan penguatan kapasitas PTK mereview materi esensial, menyusun blok belajar, melakukan praktik </span><em><span style="font-weight: 400;">blended learning</span></em><span style="font-weight: 400;"> saat pembelajaran luring, dan mengembalikan peserta didik dari </span><em><span style="font-weight: 400;">character lost</span></em><span style="font-weight: 400;"> dan </span><em><span style="font-weight: 400;">learning lost.</span></em></p> 2024-04-09T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pena Kita