PERUBAHAN ORGANISASI DAN MANAJEMEN STRESS DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PENYELENGGARA LAYANAN INKLUSI
Kata Kunci:
perubahan organisasi, manajemen stress, lembaga pendidikan islam penyelenggara layanan inklusiAbstrak
: Pendidikan bersifat dinamis. Perubahan yang terjadi perlu disikapi dengan baik agar tidak menimbulkan stress baik stress pada pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan organisasi dan manajemen stress yang terjadi pada lembaga pendidikan penyelenggara layanan inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dan dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Tulungagung. Data mengenai manajemen stress diperoleh dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru Pembimbing Khusus (GPK) inklusi, dan observasi selama proses penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai lembaga pendidikan penyelenggara layanan inklusi, SD Muhammadiyah 1 Tulungagung mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan ini menimbulkan stress namun dapat dikelola dengan baik. Pengelolaan stress dilakukan dengan cara pencegahan dan penanggulangan. Pencegahan stress dilakukan di awal tahun pelajaran dengan melibatkan psikolog dalam kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan penyelenggaraan kegiatan diklat/workshop yang mengarahkan pendidik dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Sementara itu penanggulangan stress selama proses pembelajaran berlangsung dilakukan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti pembelajaran outdoor, outbound, parenting bersama psikolog, pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan kondisi sekolah dan peserta didik, penyadaran diri bahwa kondisi peserta didik memang berbeda dengan peserta didik normal lainnya.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2023-06-25 (2)
- 2023-03-14 (1)