PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK NONVERBAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Penulis

  • Luluk Shoimah

Abstrak

Selama ini, pembelajaran menulis di sekolah lebih banyak disajikan dalam bentuk teori dan tidak banyak melakukan praktik sehingga peserta didik merasa kesulitan dalam hal menulis, khususnya menulis teks cerita fantasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah media pembelajaran Komik Nonverbal dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita fantasi. Dengan menggunakan metode penelitian Classroom Action Research dengan dua siklus melalui tahapan: perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, serta analisis dan refleksi. Temuan ini menyimpulkan adanya peningkatan kemampuan menulis cerita fantasi siswa melalui media komik nonverbal. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-14 — Diperbaharui pada 2023-06-25

Versi