OPTIMALISASI “GOOGLE SITES” PADA MAPEL FISIKA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI MTsN 1 TULUNGAGUNG
Abstrak
Penelitian ini berlatar belakang tentang pentingnya memberikan pembelajaran kepada peserta didik yang bervariatif namun juga menyenangkan dengan memperhatikan keberagaman karakteristik peserta didik. Fisika merupakan mata Pelajaran yang menduduki peringkat pertama untuk jenis mata Pelajaran yang tidak disukai oleh peserta didik. Melihat kondisi yang demikian dan kondisi kebutuhan serta minat masing masing peserta didikmaka pembelajaran berdeferensiasi menjadi cara yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Google sites merupakan platform yang disediakan oleh google yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dalam rangka membelajarkan siswa dengan terdeferensiasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengoptimalkan google sites untuk pembelajaran terdeferensiasi pada maple Fisika di MTsN 1 Tulungagung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis isi berdasarkan studi pustaka. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa google sites dapat menjadi salah satu Solusi pembelajaran terdeferensiasi maple fisika di MTsN 1 Tulungagung. Pemanfaatan Google Sites tersebut ditekankan pada pemenuhan isi atau konten dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik sesuai aspek berdiferensiasi. Aspek berdiferensiasi tersebut yaitu konten, proses, lingkungan belajar, dan produk yang dapat dicustom pada konten google sites sebagai bentuk optimaliasai pembelajaran berdiferensiasi. Upaya pengoptimalan tersebut dilakukan melalui pengembangan dan pelatihan google sites di costum sesuai kebutuhan yang dijembatani oleh Workshop pembelajaran digital di MTsN 1 Tulungagung. Berdasarkan kegiatan tersebut dapat teroptimalkan pembelajaran mapel Fisika yang berdiferensiasi melalui penggunaan Google Sites di MTsN 1 Tulungagung.