IMPLEMENTASI HYBRID LEARNING BERBASIS ISC (INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Penulis

  • Khoirul Mudawinun Nisa

Kata Kunci:

hybrid learning, ISC (Inquiry Social Complexity), history of islam

Abstrak

Pemerintah mencanangkan target Indonesia menuju generasi emas tahun 2045. Dimulai
dengan perbaikan kualitas pembelajaran dengan beberapa program keterampilan abad 21. Namun,
hal demikian sempat terhambat akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menggagas
konsep Hybrid Learning yang dikombinasikan dengan ISC di MAN 2 Tulungagung untuk
memaksimalkan target pendidikan di masa pandemi. Menggunakan metode penelitian Classroom
Action Research dengan dua siklus melalui tahapan: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan
reflesi. Temuan ini menyimpulkan hasil belajar SKI meningkat menggunakan Hybrid Learning
Berbasis ISC (Inquiry Social Complexity). Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk
diterapkan sebagai model pembelajaran di era pandemi Covid-19.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-14 — Diperbaharui pada 2023-06-25

Versi